Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Desaku Purwakarta
Rp. 0
Keranjang masih kosong.

Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

MENGEJUTKAN!!! Warga Desa Cijunti Tertimpa Uang Keget BLT

Bantuan Langsung Tunai (BLT) adalah program sosial yang diberikan oleh pemerintah kepada warganya untuk membantu mereka yang berada dalam kondisi ekonomi yang sulit. Program ini telah menjadi topik yang sangat penting dalam pembahasan kebijakan sosial di banyak negara, terutama di masa-masa sulit seperti krisis ekonomi atau pandemi seperti yang kita alami saat ini. Bantuan Langsung Tunai (BLT) diberikan dalam bentuk uang tunai kepada individu atau keluarga yang berada dalam kondisi ekonomi yang sulit atau memenuhi kriteria tertentu yang ditetapkan oleh pemerintah atau lembaga yang berwenang. Program ini bertujuan untuk membantu mereka yang berada di bawah garis kemiskinan atau yang mengalami kesulitan ekonomi agar dapat memenuhi kebutuhan dasar mereka seperti makanan, perumahan, pendidikan, dan perawatan kesehatan. Purwakarta merupakan salah satu daerah Penerima BLT, sebanyak 182 Desa mendapatkan Dana BLT yang akan langsung diberikan ke masyarakat. Pemerintah Desa Cijunti pada hari jumat tanggal 8 september 2023 melaksanakan pembagian BLT kepada 76 Warga bertempat di Aula Kantor Desa, pada pukul 09.00 WIB hingga selesai. Pelaksanaan kegiatan ini juga dibantu oleh Praja IPDN yang sedang melaksanakan Bhakti Karya Praja (BKP) di Desa Cijunti. Masing-masing warga yang terdata menerima BLT sebesar Rp.900.000,00 dengan membawa persyaratan administrasi berupa fotocopy Kartu Keluarga dan KTP.

Kontribusi Praja Dalam Pencegahan Stunting Di Desa Cijunti

Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis terutama pada 1000 hari pertama kehidupan (HPK). Kondisi gagal tumbuh pada anak balita disebabkan oleh kekurannya asupan gizi dalam waktu lama serta terjadinya infeksi berulang. Stunting masih menjadi masalah yang menghambat pembangunan di Indonesia, sehingga pemerintah menjadikan penanganan stunting menjadi program prioritas negara. Kabupaten Purwakarta menjadi salah satu daerah dengan prevelensi stunting yang masih cukup tinggi yaitu sebesar 20,4% menurut data dari SSGI tahun 2021. Permasalahan ini menjadi perhatian khusus bagi pemerintah kabupaten Purwakarta, khususnya pada desa cijunti dijadwalkan program penanganan dan pencegahan stunting. Berbagai upaya dengan melibatkan berbagai elemen masyarakat telah dilakukan oleh jajaran Pemkab Purwakarta untuk menurunkan angka stunting di wilayah tersebut. Mulai dari melibatakan pejabat sebagai bapak dan ibu asuh hingga ke tingkat camat, Duta Genre, TNI-Polri, Ormas hingga penguatan program Bangga Kencana di desa-desa. Dan pada kesempatan kali ini Praja IPDN dapat terlibat dalam pencegahan stunting tersebut disaat melakukan kegiatan Bhakti Karya Praja di Purwakarta. Upaya stunting di Kabupaten Purwakarta meliputi pola asuh, pola makan, dan sanitasi maka diperlukan adanya pengasuh untuk memantau perkembangan anak di Kabupaten Purwakarta. Dapat kita ketahui, Bapak asuh stunting di Kabupaten Purwakarta yaitu Komandan Kodim 0619 Purwakarta. Selain itu, perlu adanya bantuan nutrisi atau gizi dari berbagai stakeholder dalam rangka memenuhi nutrisi dan gizi anak mulai dari bayi belum lahir ke dunia hingga 100 hari bayi lahir ke dunia. Hal ini dapat di lihat dari tingkat partisipasi masyarakat dalam memanfaatkan kegiatan posyandu dari sasaran balita yang tercatat dalam aplikasi E-PPGBM (Electronic Pencatatan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat) sebanyak 76.319 balita dilaporkan 86 persen atau 65.429 balita ditimbang merupakan tingkat partisipasi yang sangat baik dari masyarakat, kondisi ini harus dapat dimanfaatkan oleh seluruh petugas di lapangan untuk dapat mendeteksi, menemukan dan melakukan tindaklanjut terhadap kasus secara spesifik. Stunting di desa Cijunti merupakan salah satu dari 30 desa yang menjadi lokus dalam penanganan dan pencegahan stunting, semoga kedepannya angka stunting di desa cijunti dapat menurun dan gizi anak menjadi lebih baik dengan adanya kegiatan posyandu yang dilaksanakan tiap bulan. 

Pengecekan Volume Jalan Bersama Praja IPDN

Kegiatan praja di hari pertama Bhakti Karya Praja yaitu melaksanakan Monitoring dan Evaluasi terkait dengan Pembangunan Jalan di RW 04 di Desa Cijunti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat. kegiatan tersebut didampingi langsung oleh Sekretaris Kecamatan Campaka dan Kepala Desa Cijunti. Infrastruktur merupakan bagian dari usaha yang dilakukan sebagai langkah untuk membangun manusia. Hal ini mengandung arti bahwa setiap kebijakan yang akan diambil yang berkaitan dengan pembangunan harus tertuju pada pembangunan yang merata dan diselenggarakan untuk kepentingan masyarakat agar hasil pembangunan tersebut benar-benar dapat dirasakan oleh masyarakat sehingga pada akhirnya dapat berdampak terhadap perbaikan dan peningkatan taraf hidup masyarakat. Pembangunan Infrastruktur desa Cijunti terus berjalan, seperti komitmen kades H. Rohata Hardiana yang akan terus menggenjot infrastruktur di bidang Pembangunan salah satunya seperti yang dilakukan di RW 04. anggaran yang dipakai dalam pembangunan jalan ini menggunakan dana desa sehingga dana desa yang besar dapat dirasakan dampaknya oleh masyarakat salah satunya melalui pembangunan tersebut.

PRAJA IPDN SIAP SUKSESKAN WEBDESAKU

Pada kesempatan kali ini Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat terpilih menjadi tempat pelaksanaan Bhakti Karya Praja (BKP) satuan praja utama IPDN angkatan XXXI tahun 2023. Kegiatan lapangan tersebut merupakan salah satu program Tri Dharma Perguruan Tinggi yang rutin dilaksanakan oleh IPDN. Untuk kali ini, praja utama IPDN akan melaksanakan BKP selama 14 hari yakni, terhitung sejak tanggal 5 hingga 18 September 2023 di 138 desa pada 13 Kecamatan di Kabupaten Purwakarta. Rektor IPDN Hadi Prabowo mengatakan, untuk kegiatan BKP tahun ini, praja yang mengikuti sebanyak 1.090 orang yang terdiri atas 727 orang praja putra dan 363 orang praja putri.  Pelaksanaan BKP kali ini mengambil tema Mewujudkan Database Desa Melalui WebDesaku untuk Percepatan Pembangunan Desa di Kabupaten Purwakarta, nantinya tema besar tersebut akan dipertajam sesuai dengan program studi masing-masing praja, kegiatan ini tidak hanya merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat, tapi juga kegiatan yang bertujuan untuk melatih praja dalam pembelajaran praktik di lapangan, bagaimana mereka berlatih untuk mengkaji dan menganalisa penyelenggaraan pemerintahan desa baik perencanaan, pembangunan, kemasyarakatan, potensi desa serta Bumdes. Saya harap para praja ini dapat mengintegrasikan ilmu yang didapat di kampus dengan cara memberikan pendampingan kepada pemerintah desa terkait dengan pemberdayaan masyarakat desa dalam menggali potensi-potensi yang ada di desa. Selama 14 hari ke depan, praja utama IPDN akan ditempatkan di 13 kecamatan yakni Kecamatan Campaka, Cibatu, Bungursari, Babakan Cikao, Pasawahan, Pondoksalam, Wanayasa, Kiarapedes, Bojong, Darangdan, Plered, Tegalwaru dan Sukatani. Sementara itu, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika menyampaikan ini sebuah kehormatan atas kebijakan Bapak Rektor telah menunjuk Kabupaten Purwakarta sebagai tempat pelaksanaan BKP, hal ini disambut dengan baik dengan harapan kegiatan ini dapat mendorong percepatan pembangunan di Kabupaten Purwakarta. Kehadiran praja ini diyakini dapat mendorong kegiatan-kegiatan terkait penggunaan WebDesaku dengan harapan dapat membuat Kabupaten Purwakarta lebih maju lagi, juga dapat membantu melakukan update data pada web tersebut sehingga menjadi jendela informasi yang aktual.  Salah satu desa yang menjadi lokasi pelaksanaan BKP ini yaitu Desa Cijunti Kecamatan Campaka, di desa ini diterjunkan 9 Praja Utama yang terdiri atas 6 praja putra dan 3 praja putri. Kegiatan yang difokuskan pada Aplikasi WebDesaku yakni ada 3 saat pelaksanaan BKP kali ini, yaitu : mengelola e-commerce, mengelola profile desa dan mengelola berita. Harapan dari Pemerintah Kabupaten Purwakarta dengan adanya pelaksanaan BKP ini dapat membantu digitalisasi pemerintahan desa sehingga dapat berkembang menjadi desa yang lebih maju.

Lomba HUT RI ke 78 dikantor Kecamatan Campaka

Kepala Desa Cijunti beserta kontingen mengikuti kemeriahan lomba HUT RI ke 78 tahun dikantor Kecamatan Campaka yang dilaksanakan pada hari selasa 15 Agustus 2023 pukul 08.00 wib sampai dengan selesai, dalam acara lomba tersebut Bpk. Kepala Desa Cijunti H. Apih Rohata Hardiana ikut serta  dalam acara lomba memasak nasi liwet beserta staff desa dan para kader posyandu, mereka sangat berantusias mengikuti lomba memasak yaitu membuat nasi liwet.