Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Desaku Purwakarta
Rp. 0
Keranjang masih kosong.

Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

RAPAT MINGGON TINGKAT KECAMATAN DI DESA CIJUNTI

Rapat minggon tingkat Kecamatan yang diadakan di Aula Kantor Desa Cijunti yang dilaksanakan pada hari kamis, 12 Oktober 2023 pukul 08.00 wib sampai dengan 12.00 wib, yang dihadiri oleh Camat Campaka beserta Staf, Kapolsek Campaka, Danramil Campaka, Ketua dan Anggota PPK, Kepala Desa seKecamatan Campaka, BPD, Sekdes dan Kaur Keuangan se Kecamatan Campaka juga hadir Ketua Rw, Ketua Rt, Linmas dan tokoh masyarakat se Desa Cijunti.  

Ketahanan Pangan Kuat Menuju Cijunti Sejahtera

Pangan merupakan kebutuhan dasar utama bagi manusia yang harus dipenuhi setiap saat. Hak untuk memperoleh pangan merupakan salah satu hak asasi manusia, sebagaimana tersebut dalam pasal 27 UUD 1945 maupun dalam Deklarasi Roma (1996). Pertimbangan tersebut mendasari terbitnya UU No. 7/1996 tentang Pangan. Sebagai kebutuhan dasar dan salah satu hak asasi manusia, pangan mempunyai arti dan peran yang sangat penting bagi kehidupan suatu bangsa. Ketersediaan pangan yang lebih kecil dibandingkan kebutuhannya dapat menciptakan ketidak-stabilan ekonomi. Berbagai gejolak sosial dan politik dapat juga terjadi jika ketahanan pangan terganggu. Kondisi pangan yang kritis ini bahkan dapat membahayakan stabilitas ekonomi dan stabilitas Nasional. Pemerintah Kabupaten Purwakarta merupakan salah satu kebupaten yang penerima bantuan sapi dan ikan nila oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi. Bantuan ini diberikan untuk memulihkan dan memperkuat ketahanan Desa Cijunti, sebanyak 22 ekor sapi diberikan dan akan dikelola oleh warga desa. Selain sapi, desa juga menerima bantuan ikan nila yang diharapkan dapat semakin memperkuat ketahanan pangan desa. 

PRAJA IPDN TURUN GUNUNG UNTUK KERJA BAKTI DENGAN MASYARAKAT

Salah satu kebudayaan yang menjadi identitas masyarakat desa adalah kerja bakti. Kegiatan ini biasanya dilakukan masyarakat sekitar secara bersama-sama, dengan tujuan melakukan kegiatan tertentu salah satunya adalah  kerja bakti bertujuan untuk membersihkan lingkungan sekitar yang dilaksanakan secara gotong royong. Di Desa Cijunti khususnya kerja bakti masih sering dilaksanakan meskipun dalam pelaksanaanya belum rutin tiap minggu atau tiap bulan , seperti membangun rabat jalan, membersihkan jalan ataupun lingkungan sekitar, membersihkan saluran irigasi dan kegiatan kegiatan lainnya. Kerja bakti membersihkan lingkungan dilakukan untuk menciptakan lingkungan yang sehat, bebas dari kotoran, sampah dan rumput, pohon yang sudah rimbun. Dengan lingkungan yang sehat, kita tidak akan mudah terserang berbagai penyakit. Kebersihan lingkungan juga sangat berpengaruh terhadap kenyamanan, keindahan dan keasrian lingkungan. Pada Kamis (14/09/2023) Warga Desa Cijunti melakukan kerjabakti membersihkan jalan desa. Kepala Desa Cijunti, Bapak H. Rohata mengatakan “Tujuan dari diadakannya kegiatan bersih-bersih ini adalah membersihkan lingkungan Desa Cijunti agar selalu asri dan nyaman bagi kita semua. Karena di musim pancaroba seperti ini banyak penyakit yang timbul, sehingga dengan mengadakan kegiatan seperti ini, sedikit tidaknya kita bersama-sama mengurangi sumber penyakit dari lingkungan yang kotor” “Selain untuk menjaga kebersihan,  kegiatan ini juga bertujuan untuk membina hubungan sosial masyarakat” tuturnya

SERBU Pasar Rabu Malam Cijunti !!!

Pasar malam adalah pasar yang melakukan transaksi perdagangan di malam hari. Berbagai barang dagangan atau jasa diperjualbelikan di sini. Pasar malam menyerupai festival, karnaval, atau fair, di mana permainan karnaval dan wahana permainan anak-anak, seperti odong - odong dan kereta api mini juga tersedia. Beberapa camilan klasik seperti gulali, es krim, hot dog, roti bakar, burger, dan sosis panggang, juga populer di samping makanan tradisional setempat. Pasar malam lazim digelar satu sampai beberapa hari dalam sepekan, karena para pedagang berputar di sekitar lingkungan yang berbeda pada hari-hari yang berbeda dalam sepekan. Tawar-menawar harga adalah praktik umum di pasar semacam ini. Pasar malam juga menjadi ajang promosi makanan khas tradisional sebuah daerah.Seperti yang ada di Desa Cijunti, yakni Pasar Rabu Malam. Pasar Rabu Malam ini diselenggarakan rabu malam yang bertempat di Jalan Raya Tanjung Garut, Desa Cijunti, Kecamatan Campaka. Beraneka ragam makanan - makanan yang dijual disini, mulai dari makanan ringan hingga makanan berat. Pasar ini banyak sekali dikunjungi oleh warga desa lain yang bukan dari Desa Cijunti. Perputaran ekonomi terjadi cukup signifikan di Desa Cijunti akibat diselenggarakannya pasar tersebut. UMKM menjadi berkembang karena pasar tersebut menjadi ajang promosi UMKM setempat. 

ADA YANG BULAT TAPI BUKAN TEKAD!! Itulah OPAK Singkong Hadir dengan cita rasanya

Opak Singkong adalah makanan camilan sejenis kerupuk yang berasal dari Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Opak Singkong rasanya gurih, terbuat dari singkong (ubi kayu) kukus, garam dan daun kucai. Cara membuatnya yaitu singkong kukus dan garam yang ditumbuk hingga halus kemudian ditempatkan dalam wadah. Ambil satu jumput (sebesar bola kelereng) lalu campur dengan daun kucai dan dipipihkan hingga cukup tipis, kemudian dijemur. Setelah kering, opak dapat digoreng dengan minyak yang cukup hingga matang. Opak Singkong yang ada di Desa Cijunti diproduksi oleh Ibu Ipah Hatipah sudah berdiri sejak tahun 1991 yang merupakan warisan dari orang tua beliau, yang telah dipasarkan juga di luar kota selain di Kabupaten Purwakarta. Banyak pesanan yang berasal dari luar kota yaitu misalkan dari Kabupaten Karawang. Opak Singkong ini dijual secara grosir dan eceran. 1 ikat Opak Singkong isinya 20 dengan harga eceran 1 ikat sebesar Rp. 7.500 dan harga grosir Rp. 6.000. Pada UMKM ini ibu Ipah memperkerjakan 4 karyawan yang merupakan kerabat dekat beliau. Usaha ini memiliki keuntungan yang lumayan tinggi yaitu 450 Ribu per hari. Peran UMKM salah satunya yang sangat berpengaruh pada kesejahteraan masyarakat yaitu dengan terciptanya lapangan pekerjaan yang dapat membantu memenuhi empat indikator yang dapat dilihat untuk mencapai kesejahteraan yaitu, pendapatan, perumahan, kesehatan dan pendidikan.